Beranda | Artikel
Apa Yang Dimaksud Cobaan Kebahagiaan?
Sabtu, 28 Juli 2018

Bersama Pemateri :
Tanya Jawab

Pertanyaan tentang “Apa Yang Dimaksud Cobaan Kebahagiaan?” ini ditanyakan oleh pemirsa pemirsa Rodja TV dan pendengar Radio Rodja 756AM pada 01 Rajab 1439 H / 18 Maret 2018 M.

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mohon penjelasan terkait dengan “bahwasannya Allah memberikan musibah dalam bentuk ujian keburukan maupun kebaikan”. Apakah yang dimaksud dengan ujian atau musibah yang berbentuk kebaikan itu.

Barakallahu fiik.

Jawaban:

Bahwasannya Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

…وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ﴿٣٥﴾

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya[21]: 35)

Ujian dengan kebaikan banyak contohnya. Diantaranya dengan kesehatan, harta yang banyak, anak-anak, keuntungan yang besar dalam perdagangan, ini semua adalah nikmat sekaligus ujian dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Allah menguji kita apakah kita bersyukur atas nikmat-nikmat tersebut ataukah tidak. Dan Allah juga menguji dengan keburukan. Menguji dengan penyakit, dengan musibah yang tentunya harus diterima dan dihadapi dengan bersabar. Kita tidak boleh merasa menggerutu atau marah atas takdir-takdir buruk. Dan seorang yang beriman selalu berhasil dan sukses dalam dua keadaan. Baik ketika dia mendapatkan nikmat, ataupun ketika dia sedang mendapatkan musibah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh istimewa perkara seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim)

Ini adalah keistimewaan yang tidak dimiliki oleh selain orang yang beriman.

Dijawab oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr dan diterjemahkan oleh Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Simak kajian lengkapnya di Kiat-Kiat Mengusir Kegelisahan – Al Wasaail Mufiidah Lil Hayaatis Sa’iidah

Simak mp3 jawaban pertanyaan “Apa Yang Dimaksud Cobaan Kebahagiaan?”

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31669-apa-yang-dimaksud-cobaan-kebahagiaan/